Jumat, 17 September 2010

FILSAFAT DAN AJARAN BUDDHA

FILSAFAT DAN AJARAN BUDDHA

Dari :

TAT MO CO SU / BODHIDHARMA
(ZEN)


 KATA PENGANTAR

Buku filsafat ini bukanlah buku ke-2 yang aku tulis.  Ini adalah kumpulan kata-kata filsafat dan ajaran yang aku terima dari guru pembimbingku.  Beliau selalu datang membimbing setiap 2 hari sekali penanggalan ganjil lunar.  Beliau membimbing aku untuk menulis Filsafat, Ajaran Budha dan sekaligus mengajarkan cara bermeditasi yang baik.

Cara yang beliau ajarkan agak unik, saat meditasi aku tidak diperkenankan untuk duduk di alas matras yang lunak yang bisa membuat nyaman.  Saat meditasi harus belajar untuk duduk di alas yang keras, supaya tubuh terbiasa dan belajar untuk bisa berkonsentrasi dalam keadaan itu.  jadi kedepannya akan tetap bisa berkonsentrasi dalam meditasi walaupun alasnya lunak ataupun keras, dan tetap bisa bermeditasi dimanapun dan kapanpun aku inginkan tanpa terganggu dengan tempat yang kurang nyaman.    

Diterbitkannya buku Filsafat dan Ajaran Budha ini, berdasarkan amanat yang guru pembimbingku berikan.  Agar bisa membuka hati banyak orang, yang semoga saja banyak orang bisa mendapatkan kata-kata pencerahan dari buku ini dan bisa memahami arti kehidupan ini, sehingga bisa menjalani hidup dengan lebih baik.
            
         Kata-kata yang diajarkan beliau sederhana tapi maknanya sangat dalam, yaitu mengenai kehidupan manusia dan alam semesta. Keduanya saling berkaitan dan saling membutuhkan, manusia membutuhkan alam semesta untuk kehidupan mereka dan alam semesta membutuhkan manusia untuk merawat dan menjaganya.  Tapi kadang tindakan manusia terlalu kejam terhadap alam, merusaknya untuk kepentingan diri sendiri dan materi semata.
Aku berharap dengan terbitnya buku ini, akan banyak manusia sadar dan mulai lebih memahami alam semesta ini.  Mengunakan cinta kasihnya untuk lebih perduli pada alam, agar masing-masing bisa saling bertahan hidup di dunia yang penuh dengan penderitaan dan kesulitan ini.
Om Mani Padme Hum,

Desi
Penulis
Telp. (021) 70942728 Email. desi0875@ymail.com

4 komentar:

  1. dimana bisa mendapatkan buku ini? st tidak menemukan link downloadnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Namo Buddhaya,
      Buku ini sudah disebarkan hanya saja belum di cetak ulang kembali dan belum sempat untuk di upload versi digitalnya (PDF), untuk membacanya anda bisa simak dalam blog ini pada folder arsip tahun 2010 Filsafat & Ajaran Buddha, kemudian arsip Hal 1 s/d 57. Amituofo.

      Hapus
    2. Namo Buddhaya
      sy uda coba mengecek link tersebut tapi kok tdk ketemu ya? mungkin bisa di bantu dengan copy paste linknya ke email sy ? atau bisa di copypastekan ke blog di bagian komentar ini. trima kasih

      Hapus
    3. Namo Buddhaya,
      jika yang dimaksud adalah buku ini (Filsafat & Ajaran Buddha) pada link (http://viharasukhavatiprajna.blogspot.com/2010/09/kata-pengantar_17.html). Jika pada pc ada tampilan arsip blog sebelah kanan posisi di bawah peta lokasi, pilih tahun 2010 Filsafat & Ajaran Buddha, kemudian arsip Hal 1 s/d 57.

      Hapus