Sabtu, 15 September 2012

Keteguhan Hati

KETEGUHAN HATI
NASEHAT : CHEN SHOU CHEN YEN GUAN SE IM PU SA

Keteguhan hati adalah modal utama untuk bisa mendapatkan keberhasilan, selain ketulusan dan ketekunan.

Keteguhan hati bisa digunakan untuk meraih keberhasilan dalam kehidupan duniawi maupun rohani.

Di dunia ini banyak manusia yang tidak mempunyai keteguhan hati, sehingga terombang ambing dan tidak mendapatkan arah hidup yang benar.

Disaat kita sedang menghadapi dilema untuk memilih dua hal yang kita sukai ataupun dua hal yang tidak kita sukai, mempunyai keteguhan hati saat memilih satu diantara keduanya akan bisa memberikan keberhasilan dan kebahagiaan.

Contoh:
Saat kita hendak melakukan perjalanan keluar negeri, kita binggung hendak pergi kemana, antara China dan India. Kedua tempat tersebut sangat kita inginkan, sedangkan dana yang kita miliki hanya cukup untuk pergi ke salah satu Negara tersebut. Karena tidak mempunyai keteguhan hati untuk memilih dan menghabiskan banyak waktu, akhirnya kita tidak bisa pergi ke dua tempat tersebut, karena waktu berlibur sudah terlewati begitu saja, karena kita terlalu lama dalam kebingungan.
Karena itu, jika kita hendak memilih dua hal yang kita sukai, kita harus teguh hati memilih satu diantaranya, tidak teguh hanya dimulut, tapi harus secara hati dan pikiran, karena jika hanya dimulut, disaat kita pergi ketempat tujuan pilihan kita tersebut, kita merasa tidak puas dan merasa telah salah memilih, padahal kita sesungguhnya telah memilih salah satu dari dua hal yang kita sukai.
Jika kita tidak mencoba untuk menjalani, melakukan usaha untuk menyenangkan hati kita saat ditempat tersebut, kita tidak akan merasa bahagia dan kecewa terhadap pilihan tersebut. 

- Orang yang tidak pernah merasa dirinya salah dan selalu membenarkan dirinya, dia sama sekali tidak mempunyai keteguhan hati. Mengapa demikian? Karena orang yang demikian tidak akan pernah mau disalahkan, tidak mau menerima pendapat orang lain, sehingga disaat dia salah memilih, dia akan menyalahkan dirinya dan sulit untuk memperbaiki diri. Dan dia akan mudah berpaling kepada hal yang lainnya, karena ketidakpuasan dirinya pada jalan yang telah ditempuhnya. 

- Orang yang suka berbuat kesalahan tapi menyadarinya dan memperbaiki kesalahannya adalah dia memiliki keteguhan hati. Mengapa demikian? Karena orang demikian mau menerima masukan dari orang lain, sadar akan kesalahannya dan belajar dari kesalahan-kesalahannya tersebut, maka orang tersebut tidak akan berpaling kepada pilihan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar